Powered By Blogger

Jumat, 16 September 2011

Elins ?

Elins( Elektronika dan Instrumentasi ) , mungkin banyak yang belum mengetahui atau kenal dengan prodi ini. Selain karena memang penyelenggara dari program studi ini hanya ada di UGM (untuk S1), pada awal dulu sebelum masuk kuliah.
Tapi, ketika searching, ternyata ada juga Elins di STTN BATAN dimana saya berkuliah disini sekarang, UI( konsentrasi pada Jurusan Fisika, namun bukan Prodi) atau di UNDIP( Instrumentasi Elektronika ), namun hanya untuk jenjang D3. Atau Di Unsri, yang ada di bawah jurusan fisika.
Akan tetapi bedanya Elins di STTN & Elins di UGM adalah Elins di STTN cenderung prakteknya lebih banyak, ini dikarenakan Elins di STTN berstatus Diploma IV sehingga dapat diperincikan 60% praktek dan 40% teori.

Materi Kuliah dan Pengajaran
Sebelumnya, lihat pengertian elins menurut Wikipedia,  di sana disebutkan Elektronika dan Instrumentasi merupakan cabang ilmu/ rekayasa yang menggabungkan antara pengetahuan elektronika dan instrumentasi yang diperlukan dalam suatu industri.
Dari sana sudah dapat di lihat bahwa ilmu ini mengimplementasikan bidang instrumentasi (control system ) yang didasarkan pada ilmu-ilmu bidang elektronika dan komputer. Di Elins, kita juga akan dapat mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer,  sistem jaringan dan pemrograman.
Jadi, ketika anda masuk elins, anda akan mendapat ilmu pengetahuan tentang elektronika, instrumentasi, dan komputer,Fisika,  walaupun pada dasarnya ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan.  Tergantung pada mahasiswanya, apakah ingin memperkuat bidang elektronika, instrumentasi atau komputer. Banyak teman kuliah saya yang mendalami jaringan komputer, atau membuat sebuah instrumentasi nuklir karena tempat saya kuliah juga mempelajari tentang kenukliran, sehingga untuk Tugas Akhir bisa memilih dari ketiga bidang itu. Pilih TA yg berkaitan elektronika, komputer ataupun instrumentasi sama saja tergantung mana yg lebih disukai.

Pada bidang elektronika ,di sini bagi anda yang senang mengotak - atik alat-alat elektronika, Robot ( Elins di KRI dan KRCI ). Perbedaan denga Teknik Elektro adalah Elins tidak terdapat bidang Power (arus Kuat) yang ada pada teknik elektro.
Pada bidang Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks.  Instrumentasi bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen musik misalnya, namun secara umum instrumentasi mempunyai 3 fungsi utama:
1. sebagai alat pengukuran
2. sebagai alat analisa, dan
3. sebagai alat kendali
Pada industri , Bidang Instrumentasi sangat penting.  Misalnya dalam Proses produksi, perancangan sistem dan kendali.
Bidang Kerja
Bidang kerja dari elins sngat Luas. misal:
1. Oil dan Gas
Schlumberger, Chevron, exxon, pertamina, dll. Seperti yang kita tahu, bidang oil dan gas adalah Industri yang tidak pernah mati dari jaman dahulu sampai sekarang bahkan terus meningkat kebutuhannya. Dan ,seperti yang kita tahu, gaji bidang ini adalah termasuk besar  dibanding bidang kerja yang lain.
2. Elektronika
Bayak produsen elektronika (misal Samsung , LG, Nokia, Erricsson, Schenider, Epson dll)
3. Lembaga ilmu pengetahuan dan BUMN
BATAN,PLN, LIPI, Rekayasa Industri,  dosen dll
4. Industri lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar